
Blok 3A. Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan
Blok 3.A yang berjudul Asuhan Kebidanan pada Kehamilan ini, adalah blok yang harus dipelajari oleh mahasiswa semester III di Prodi Kebidanan Program Sarjana Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Mahasiswa yang mengikuti pembelajaran pada Blok Mata Kuliah ini memberi kesempatan mahasiswa untuk memahami konsep dasar asuhan kebidanan pada kehamilan, skrining risiko maternal dan kesejahteraan janin, kebutuhan nutrisi dan obat-obatan pada ibu hamil, psikologi kehamilan dan manajemen asuhan kebidanan pada kehamilan. Dengan demikian penguasaan materi pada Blok 3.A adalah penting, karena akan memberikan bekal bagi peserta didik dalam memberikan asuhan kebidanan kepada ibu hamil yang bermutu tinggi.
Pembelajaran dipersiapkan berupa perkuliahan oleh pakar pada bidang yang sesuai, diskusi tutorial dan latihan keterampilandi laboratorium. Blok ini berjalan selama 5 minggu, tiap minggu akan dibahas 1 modul, sehingga blok ini akan membahas 5 modul.Selain kuliah pakar mahasiswa akan melaksanakan latihan keterampilan klinik. Pada tiap minggu akan dilaksanakan diskusi plenodengan topik yang disesuaikan dengan perkuliahan dan bahan tutorial. Pada akhir blok akan mengikuti evaluasi pembelajaran teoriblok 3.A berupa ujian CBT.
Tujuan Umum:
Pada akhir blok mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep asuhan kebidanan pada kehamilan yang holistic (bio, psikologi, social dan kultural).
Tujuan Khusus:
Peserta didik mampu:

PENGANTAR PENDIDIKAN KEBIDANAN & KOMUNIKASI EFEKTIF
BLOK 1A: PENGANTAR PENDIDIKAN KEBIDANAN DAN KOMUNIKASI EFEKTIF

METODE PENELITIAN, BIOSTATISTIK DAN EPIDEMIOLOGI KLINIS
Mata Kuliah Metode, Biostatistik dan Epidemiologi Klinis Penelitian (MPBE) merupakan mata kuliah wajib yang harus dipelajari oleh mahasiswa semester V di Prodi Kebidanan Program Sarjana Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk memahami penelitian kebidanan, metodologi penelitian, biostatitisk dasar dan epidemiologi klinis. Dengan memahami konsep-konsep tersebut, diharapkan mahasiswa mampu merumuskan masalah dan tujuan penelitian, menyusun desain serta instrumen yang valid, mengelola dan menganalisis data biostatistik dasar, menafsirkan temuan epidemiologi klinis secara kritis, dan menyajikan hasil dalam laporan ilmiah untuk mendukung praktik kebidanan berbasis bukti. Pembelajaran dipersiapkan dalam bentuk kuliah pengantar oleh pakar pada bidang yang sesuai, pratikum dan belajar mandiri. Mata kuliah ini berjalan selama satu semester yakni 14 pertemuan kuliah pengantar, 7 pertemuan pratikum, 1 pertemuan ujian pada tengah semester dan 1 pertemuan untuk ujian akhir semester dengan metode CBT.

Mata Kuliah Wajib Umum Kewirausahaan
Mata kuliah kewirausahaan merupakan salah satu Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa Kebidanan Program Studi Kebidanan Program Sarjana, Departemen Kebidanan, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas. Mata kuliah ini memiliki beban 3 SKS dan bertujuan membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kewirausahaan yang relevan dengan bidang kesehatan dan kebidanan. Mata kuliah ini memberikan bekal kepada mahasiswa mengenai konsep kewirausahaan di bidang kesehatan dan kebidanan sehingga nanti dapat mengaplikasikan dalam dunia kerja dan juga dapat mengembangkan usaha praktik mandirinya. Mata kuliah penting dipelajari oleh mahasiswa karena sebagai seorang bidan, sangat besar peluang untuk berwirausaha sehingga dapat bekerja secara mandiri dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain serta meningkatkan kehidupan yang layak secara ekonomi, teknis dan finansial.

BLOK 5.A (PROFESIONALISME DALAM KEBIDANAN)
Blok 5A. Profesionalisme dalam Kebidanan ini dirancang untuk mahasiswa semester V di Program Studi Kebidanan Program Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Blok ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam mengenai profesionalisme dalam kebidanan, praktik profesional bidan, pengembangan dan penguatan praktik profesional bidan, perspektif global dalam pelayanan kebidanan, serta perspektif kualifikasi praktik kebidanan. Dengan memahami konsep tersebut diharapkan mahasiswa mampu menginternalisasi nilai-nilai profesionalisme dalam praktik kebidanan, bersikap etis dan bertanggung jawab dalam memberikan asuhan kebidanan yang berpusat pada perempuan (woman-centered care), serta mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi, dan tuntutan pelayanan kebidanan baik di tingkat nasional maupun global. Pemahaman ini juga menjadi dasar bagi mahasiswa dalam membangun identitas profesional sebagai bidan yang kompeten, berintegritas, dan siap menghadapi tantangan praktik di berbagai tatanan layanan kesehatan.
Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah Student Centered learning (SCL). Kegiatan perkuliahan dilakukan dengan sistem blok yang berlangsung selama 6 minggu dengan metode Case Based Method (CBM), dimana setiap minggunya mahasiswa diberi kasus sesuai CPMK dan sub CPMK pada minggu tersebut, metode pembelajaran CBM terdiri dari tutorial menggunakan konsep seven jump dengan diskusi kelompok kecil sesuai topik kasus yang difasilitasi oleh tutor yang telah mengikuti pelatihan, belajar mandiri, kuliah pengantar dengan pakar sesuai topik pada sub CPMK, praktikum, diskusi pleno dengan menghadirkan dosen moderator dan dosen pakar dibidangnya. Penilaian mahasiswa dilakukan melalui penilaian tutorial, praktikum, tugas, dan ujian tulis menggunakan soal kasus (vignette) di akhir blok dengan sistem Computer Based Test (CBT).